Minggu, 07 Desember 2014

Kopdar ala Mak: Pertemuan Rutin yang Penuh Ilmu

Hari ini  Minggu 7 Desember 2014, sebagai warga dari komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis, yang sesekali suka diplesetkan menjadi Ibu Ibu Doyan Narsis....kadang juga melenceng dari niat awalnya menjadi Ibu Ibu Doyan Ngeksis... kalau lagi pengin jalan-jalan menjadi Ibu ibu Doyan Ngebolang.... Kalau ditanya umur? Hahaha .... kepanjangannya berubah lagi menjadi Ibu Ibu Doyan Ngibul ....kalau lagi kumat jailnya dan pengin "ngeces" rame rame berubah kepanjangannya menjadi Ibu Ibu Doyan Nglotis ... lhoo?? Hehehe, suka suka saja bagaimana mengartikannya ....siang ini saya menghadiri Pertemuan Rutin yang "lebih istimewa" terasa. 

Betapa tidak, pertemuan kali ini diselenggarakan di rumah jeng Ita --begitu saya biasa menyapa nyonya rumah-- yang sejuk teduh dan adem. Meskipun cuaca dan suasana sangat mendukung, tetapi acara demi acara berlangsung dalam suasana yang sedikit panas.

Panas?

Iyaa... Hari ini dilaksanakan pemilihan Pengurus IIDN Korwil Jogjakarta yang baru. Setelah periode kepengurusan yang lama dibawah kendali dan komando jeng Astuti Rahayu, mulai hari ini tongkatnya berpindah ke tangan jeng Irfa Hudaya. Kami, para member yang hadir diberi secarik kertas kosong. Kita diminta untuk menuliskan satu nama yang dipandang bisa dan mampu untuk menduduki jabatan sebagai Pengurus IIDN Korwil Jogja.

Meskipun  pemilihan tersebut berlangsung dalam suasana yang "tegang" ...MC beberapa kali harus mengingatkan para hadirin untuk segera mengumpulkan nama yang sudah dipilih kedalam sebuah kotak, tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Masing-masing dari kami sibuk bercengkerama sambil menikmati hidangan yang tersedia.

Oh iya....kebiasaan kami bila sedang berkumpul rame rame seperti ini adalah: masing-masing yang hadir akan membawa potluck untuk dinikmati bersama-sama. Nyonya rumah akan memberitahukan kesanggupannya untuk menyediakan nasi dan minuman misalnya....lalu kami-kami yang akan hadir juga memberitahukan "bawaannya". Misalnya si A akan membawa sayur oseng tempe, lalu si B akan membawa trancam, lalu si C mengajukan diri membawa bakwan jagung....begitu seterusnya.

Selain pemilihan pengurus baru, kopdar kali ini kita berbagi cerita "behind the scene" dari buku Pondok Mertua Indah. Seruuu.....Apalagi si nara sumber; jeng Nunung Nurlaela menjelaskan proses menulis buku tersebut sambil mengasuh si kecil. Hebat bukan? Sesekali penjelasannya diselingi dengan acara menyusui. Hehehehe ......dimana lagi ada pertemuan yang diwarnai dengan acara menyusui dan momong si kecil?








Sessi kedua, kami mendapatkan ilmu tentang food fotography. Nara sumber kami yang cantik ternyata tidak main-main dalam menyiapkan materinya. Selain materi dalam bentuk power point, jeng Vanny Mediana tak lupa membawa serta property pelengkap yang dipakai saat mengambil gambar suatu masakan.

Bayangkan......jeng Vanny rela "ngotong-otong" -- membawa pernak pernik yang tak pernah kami pikirkan sebelumnya.




Potongan karpet, styrofoam, aluminium foil lembaran yang ditempel di styrofoam, baki/nampan dari kayu dengan motif garis garis yang cantik dll.
Tak lupa, jeng Vanny juga menyelenggarakan kursus kilat bagaimana cara mengambil gambar masakan yang sudah di platting lengkap berikut prakteknya. Kalau kita kursus di luaran, berapa duit tuuh? Hahahaha .....
Mau liat bagaimana serunya kami belajar memotret masakan dan segala pernak perniknya? Foto-foto berikut mungkin bisa bercerita lebih jelas.





















Selesai makan siang, kami masih membahas beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari Senin 8 Desember 2014. Tidak banyak yang dibicarakan, kami hanya memastikan sampai seberapa jauh persiapan yang sudah dilakukan sekaligus checking terakhir.


Tapi dasar emak-emak, sepenting apapun persoalan yang dibahas, ujung-ujungnya tetap saja......."ngguyu ngakak". Hehehehe. Seruuuu pokoknya.

Selesai acara, seperti biasa nyonya rumah akan menyediakan kantung plastik untuk kami. Dengan wajah penuh senyum, nyonya rumah mempersilahkan kami untuk membawa hidangan yang masih tersedia. Tahu artinya "kirmah" kan? Emak emak yang "mikirke ngomah" ....Hahahaha.












foto-foto koleksi IIDN Korwil Jogja.


Hujan mengiringi kami pamit dan menuju rumah masing-masing. Siapkan tenaga untuk kegiatan esok hari. 


=====%%%%%%%%=====

Tidak ada komentar:

Posting Komentar