Selasa, 26 Januari 2016

Kopdar ala Mak: Cantiiiikkkk dari Dapur

Masih berkutat tentang IIDN - Ibu Ibu Doyan Nulis Korwil Yogya. Di tulisan saya sebelumnya, IIDN bisa berarti banyak: Ibu Ibu Doyan Nulis, Ibu Ibu Doyan Nglotis, Ibu Ibu Doyan Narsis etc etc... Singkatan N itu selalu membuat kami tertawa gembira. Setiap kali kopdar, inisial N itu bertambah terus konotasinya.

Kali ini saya tidak akan membahas apa kepanjangan N di singkatan IIDN. Seperti biasa, setiap kali kopdar IIDN, setiap kali pula kami mendapatkan ilmu baru. Kali ini, kita bicara tentang kecantikan. Hal hal yang tidak jauh dari kami, para perempuan.

Seperti halnya perempuan pada umumnya, saya juga punya 'koleksi' alat make up. Jangan bayangkan alat make up itu selengkap milik para sosialita, para artis ternama atau para wanita pekerja kantoran yang selalu tampil rapi wangi dan cantik dengan make up sempurna. Hanya pelembab, alas bedak, bedak padat, eye shadow, blush on dan tentu saja lipstick beberapa warna.

Itu saja? Yaa  ... Itu sudah lebih dari cukup. Tidak semua jenis alat make up itu saya pakai setiap hari. Paling sering hanya bedak compact powder yang praktis dan sapuan lipstick tipis saja. Biar nggak kelihatan pucat saja, ada warna warnanya dikit di wajah ... Emang kanvass? Hehehehe ...

Naaah, kopdar di Bulan Oktober 2014 itu terasa sangat spesial karena pemateri kali ini adalah Bu Guru Syantik Umi Azzurasantika yang datang jauh jauh dari Magelang khusus untuk memberikan tips Cantik dari Dapur.


=======oooOOOooo=======


Apa thoo pengertian cantik itu?


Cantik itu adalah ketika kulit wajah terlihat sehat. Itulah cantik.
Hanya seperti itu?
Iyaa, seperti ituuu ... [jadi inget dialog di sinetron ...hihihi].

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik tidak harus selalu mahal tetapi sebenarnya bisa dilakukan di rumah. Coba cek kembali apa isi lemari pendingin, barangkali ada beberapa bahan yang bisa kita gunakan untuk mempercantik wajah.


Ketimun.

Potong timun secara melintang, tipis saja. Berbaringlah dengan santai lalu tutupkan potongan timun berbentuk bulat ini di kelopak mata. Potongan timun ini berguna untuk mengurangi mata panda, mengurangi kelelahan. Cukup 5 menit saja, tak butuh waktu lama/

Bila punya cukup waktu luang, parutlah ketimun, tiriskan lebih dahulu lalu gunakan untuk menutup seluruh wajah. Untuk menghindari kontaminasi, gunakan parut stainless stell. Setelah 5 menit [lebih kurang], angkat dan bilas dengan air dingin.

Wortel.

Kita juga bisa menggunakan wortel. Parut wortel secukupnya, tiriskan sebentar lalu tutupkan ke seluruh wajah. Tunggu sekitar 5 menit lalu angkat dan bilas dengan air dingin.


Nanas.

Buah yang satu ini bisa kita gunakan sebagai peeling. Parut nanas, tiriskan sebentar agar kandungan airnya berkurang. Gosokkan parutan nanas ini ke seluruh wajah dengan cara melingkar ke arah atas. Peeling ini berguna untuk membantu pengelupasan sel kulit mati. Lakukan dua minggu sekali.



Tapii... kenapa cuma kompres wajah menggunakan buah? Bagaimana kalau kita ga punya kerjaan, lalu pengin ngadi salira?
Bisaaaa .... jangan khawatir.

Masih menggunakan buah-buahan yang tersedia di kulkas, kita bisa membuat masker.
jenis buah yang bisa digunakan sebagai masker: bengkoang, pepaya, apel, pisang ambon, kentang. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan masker tersebut seminggu sekali.
Bengkoang  berguna untuk menghilangkan bekas jerawat. Kentang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam akibat terpapar sinar matahari.

Naaah, sudah cantik kita?
Cermin mana cermin ....hihihihihihi ...


=======oooOOOooo=======



Selain buah buahan yang mudah kita dapatkan di sekitar kita, bisa juga menggunakan garam. Naah lhoo ... 

Garam?

Iyaa. Garam dapur. Pilihlah garam dapur yang kasar. Kalau di jawa biasa disebut garam rosok atau garam enthon - garam yang dicetak kotak kotak, biasa dihancurkan dulu sebelum digunakan.

Campurkan garam dapur dengan air hangat secukupnya, masukkan ke dalam sprayer lalu semprotkan ke seluruh wajah. Ingat, merem dan tutup mulut yaa .... Jangan sampai mata kita terbuka, apalagi mulutnya. Asin pastinya ...
Semprotan air garam ini berguna untuk menyegarkan wajah, menghilangkan rasa capek. Akan lebih baik lagi hasilnya kalau kita gunakan garam mandi, yang bisa kita peroleh di apotik terdekat.

Bila ingin menggunakan garam dapur sebagai masker, begini caranya. Sediakan garam 2 sdm, tambahkan 4 sdm minyak zaitun. Lembutkan lebih dahulu garamnya, lalu aduk rata. Oleskan di seluruh wajah selama 15 menit [lebih kurang], lalu bersihkan menggunakan waslap yang dicelup ke air hangat, lalu bilas kembali dengan menggunakan air dingin.

Mau luluran? Malas atau tidak punya waktu untuk pergi ke salon? Atau, pas tanggal tua dan tidak ada budget untuk memanjakan diri di salon?
Masih ada garam.

Untuk membuat adonan lulur, sediakan garam enthon lalu campurkan dengan minyak zaitun secukupnya. Balurkan ke seluruh tubuh yang masih kering sambil digosok secara memutar. Setelah semua kulit mati tanggal, barulah kita mandi seperti biasa. Lebih baik lagi kalau mandi di bawah pancuran, bersihkan seluruh tubuh dari sisa garam, agar tidak ada yang tertinggal. Ingat, jangan disabun.
Luluran menggunakan garam ini bisa dilakukan maksimal seminggu sekali, jangan terlalu sering. Kenapa? Agar kulit kita tidak menjadi kering karenanya.


Pasta gigi.

Siapa sangka bila pasta gigi bisa berfungsi mengatasi jerawat?
Oleskan pasta gigi pada jerawat sebelum tidur, biarkan hingga esok paginya. Baru bilas dengan air dingin secukupnya.
Sebagai pemutih wajah, campurkan pasta gigi dengan air jeruk lemon, aduk rata dan gunakan sebagai masker.
Adonan ini juga berguna untuk mengatasi flek/perubahan warna kulit wajah.


Air cucian beras.

 Apa lagi ini? Leri? 
Mulai sekarang, jangan buang air cucian beras. Saat mencuci beras yang pertama kali [biasanya kita membilasnya dua atau tiga kali] tampunglah air cucian tersebut dalam baskom. Air cucian ini berguna untuk mencerahkan wajah.

Kita juga bisa menggunakan air teh basi. Bila kita menyeduh teh [bukan teh celup], kita bisa menggunakan air teh seduhan tersebut untuk mencerahkan wajah. Caranya, basahi seluruh wajah dengan air teh basi, tunggu hingga mengering. Wajah akan terasa seperti ditarik-tarik. Baru bilas dengan menggunakan air dingin secukupnya.

Kalau kita suka minum kopi, tentu punya persediaan kopi bubuk di dapur kan? Naah, sebelum tidur, seduhlah satu atau dua sendok teh bubuk kopi. Biarkan semalaman.
Paginya, buanglah air kopinya hingga menyisakan ampas. Balurkan ampas kopi itu ke seluruh wajah, lalu gosok wajah dengan cara memutar ke atas hingga seluruh kulit mati terangkat. Angkat ampas kopi itu lalu bilas dengan menggunakan air dingin.


Naga-naganya kita harus menyembunyikan cermin deeh, setelah ini tentu kita kita akan lebih sering senyum senyum sendiri di depan cermin.
Hayoooo .... siapa yang sudah praktek?

Saya tidak menjamin kalau diajeng IIDN Yogya diprotes oleh para suami.
Semoga bermanfaat.


=======oooOOOooo=======





















2 komentar:

  1. Wah Mak Enggar. Catatannya masih tetsimpan dengan rapi. kereeen.

    BalasHapus
  2. Tak'tambahin, Bun... Tomat juga bisa dipakai buat mengurangi bekas jerawat di wajah. Tomat dibelah melintang jadi 2, kemudian digosokkan secara lembut pada wajah, tunggu sampai kering, bilas. Bisa dipakai tiap hari. Sudah terbukti pada wajahku. Lumayan flawless lhooo... *kapan lagi ada kesempatan memuji diri sendiri? hihihi*

    BalasHapus