Jumat, 14 Maret 2014

'Dikomporin' Teman Sesama Kompasianer. Emang Enak?

Beberapa hari terakhir, cover buku kumpulan cerpen karya cici Kim (demikian saya biasa memanggilnya) wara wiri di beranda fb, di beranda grup fb dan juga tak ketinggalan di chat grup hp...

Semuanya bernada sama, mempromosikan 'buku solo' yang merupakan karya pertamanya.

Sungguh, saya sangat gembira setiap kali mendengar salah seorang teman di fb atau di Kompasiana berhasil menerbitkan buku karyanya. Sebuah pencapaian yang menurut ukuran saya: besar. Membanggakan.

Semalam, setelah menyelesaikan urusan pesan memesan buku karya Cici Kim dan pembayaran, kami sempat berbincang lewat pesan pendek. Ngobrol ngalor ngidul, hal-hal remeh temeh hingga akhirnya Cici Kim 'ngomporin' saya untuk mencoba menerbitkan naskah yang saya punya.

Hah? Menerbitkan 'buku solo'?

Itu impian terbesar saya sejak bergabung di Kompasiana akhir tahun 2011 yang lalu. Duluuuu, saya sempat berangan-angan, punya buku sendiri saat memperingati ulang tahun di 2014. Namun niatan tinggallah niatan belaka. Tak ada keberanian sedikit pun untuk menawarkan naskah saya ke penerbit.
Ada banyak kendala yang saya hadapi, beberapa di antaranya masih sulit saya 'taklukkan' hingga sekarang.

Bukankah bisa menerbitkan buku secara indie?

Pernah siih terlintas di pikiran, kalau pun tidak bisa diterbitkan oleh Penerbit Major, setidaknya bisa lewat self publishing. Paling tidak, keinginan saya untuk 'mewariskan' buku karya sendiri kepada anak cucu nanti bisa kesampaian.
Sebuah keinginan sederhana, namun sangat susah untuk mewujudkannya.

Meskipun saya sudah punya 2 antologi -puisi dan cerpen- tapi rasanya masih belum puas (*ini sombong ala mak Eng-kata temanteman)..... Adalah sebuah kebanggaan bisa memamerkan (sekaligus jualan, tentu saja) hasil karya ke lingkungan, ke komunitas, ke grup fb, grup wa dll....rasanya gimanaaaa gitu.

Nah, karena perbincangan dengan Cici Kim semalam semangat saya yang sempat padam untuk menerbitkan buku kembali menyala-nyala. Jujur, 'rasa' ini sangat tidak enak di hati.

Sebagai penulis pemula (saya memulai menulis di usia yang sangat sangat terlambat) tentu ada banyak pertimbangan yang berputar-putar di kepala. Antara ego, senang sekali, sangat berharap berbaur dengan rasa tidak percaya, kurang pede dan seribu satu rasa lainnya. Campur aduk tak karuan.

Naah, karena 'komporan' Cici Kim demikian menyengat semangat dan niatan saya, meskipun terasa 'sangat tidak enak' tetapi saya justru sangat bersyukur. Keinginan yang beberapa bulan tenggelam dalam angan-angan ternyata (bisa) diwujudkan.

Alhamdulillah, Cici Kim telah berhasil 'mengutik-utik' niatan saya semula. Ke depannya, saya berharap usaha ke arah penerbitan 'buku solo'  diberikan kemudahan. Semoga.

Dikomporin Teman Sesama Kompasianer? Emang enaaakk....
 
 

~~~***~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar